Header Ads

test

Dukung Pekan menyusui Sedunia, Siloam Hospitals Manado Gelar "Parenting Class"


PPNI.ORG World Breastfeeding Week (WBW) atau Pekan Menyusui Sedunia yang setiap tahun diperingati di awal minggu pada tanggal 1-7 Agustus, Pada tahun 2019 ini tak kalah Meriah digelar diseluruh indonesia.

Ditiap provinsi, gelaran demi gelaran untuk mendukung WBW ini ramai bahkan menjadi trending diberbagai media Internasional dan Nasional.

Siloam Hospitals Manado sebagai Rumah Sakit Terkemuka di Sulawesi Utara Turut mendukung  Gerakan Internasional dalam Upaya Meningkatkan Kesadaran Masyarakat akan pentingnya Menyusui.

Dukungan Siloam Hospitals Manado memang tidak hanya dengan menyediakan Pojok Laktasi saja. Peran Tim dokter dan tenaga kesehatan lainnya juga diberdayakan untuk menunjang Program Kampanye Dunia ini. 

Dalam Parenting Class (7/8/2019) yang mengusung tema “Dukung Ayah-Ibu, Kunci Keberhasilan Menyusui” dengan menghadirkan dr. Natania Wonoputri, Sp.A sebagai pembicara yang ahli dibidangnya.

dr.Natania Wonoputri, Sp.A (Dalam Demonstrasi Teknik Menyusui-Parenting Class | Siloam Hospitals Manado)

Untuk membangkitkan motivasi dan semangat ibu serta Calon Ibu dr. Natania tampak menerangkan sembari  mendemonstrasikan teknik Menyusui serta pengenalan tentang mengapa Bayi memerlukan asi dan Pentingnya menyusui bagi sang ibu. Pemberian  ASI merupakan  nutrisi  ideal  untuk  menunjang pertumbuhan, Kesehatan serta perkembangan  kecerdasan bayi  secara  optimal. Selain Rasa percaya diri sang ibu dan ikatan batin juga akan terjalin.


Rekomendasi serupa juga digambarkan Oleh  World   Health   Organization   (WHO) dan Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) dimana pemberian  ASI  eksklusif  sekurang-kurangnya  selama  6  bulan pertama kehidupan dan dilanjutkan dengan makanan pendamping sampai usia  2  tahun agar tumbuh kembang dan kecerdasan serta kebutuhan gizi bayi bisa tercukupi.

Sebelum menutup Parenting Class, dr. Natania membagikan trik agar sukses dalam menyusui.
1. Kontak Kulit bayi dengan kulit ibu segera setelah bayi lahir
2. Rawat Gabung
3. Cegah pemberian dini untuk Asupan tambahan
4. Hindari Penggunaan Empeng atau Botol dot
5. Cari bantuan dan bimbingan menyusui

Dilansir dari www.worldbreastfeedingweek.org, Fokus saat ini adalah pemberdayaan ayah dan ibu untuk mewujudkan keberhasilan dalam menyusui dengan mengusung tema “Empower Parents, Enable Breastfeeding” dengan hashtag The #WBW2019. (TT)