Header Ads

test

Kedepankan isu RUU Kesehatan Ketua-Ketua DPW PPNI se Sulawesi gelar rapat koordinasi wilayah I

PPNISULUT.COM | Rapat koordinasi (Rakor) wilayah Ketua-Ketua DPW peserta Perawat Nasional Indonesia (PPNI) se Sulawesi digelar Jumat (1/10-2022) bertempat di hotel Dalton Jl.Perintis Kemerdekaan kota Makassar.

Rakor wilayah I ini di ikuti oleh Ketua-Ketua  DPW PPNI se Sulawesi  yakni SULUT, SULTENG, SULTRA, SULSEL, SULBAR dan Gorontalo.

Berbagai isu atau topik utama mengemukakan dalam  Rakor ini di antarannya RUU sistem kesehatan Nasional yang masuk Omnibus Law, selain itu pembahasan perawat honorer di Institusi Pemerintahan, menjadi fokus utama pembicaraan menyusul di bukanya seleksi penerimaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Ketua umum DPP PPNI Harif Fadilah dalam sambutannya megungkapkan bahwa ada hal yang sangat penting yang mendorong diselenggarakannya Rakerwil I Sulawesi ini, dan menjadi topik utama pembahasan Rakor yakni rancangan UU sistem kesehatan Nasional.

Isu tersebut dibahas khusus dalam rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Perawat Nasional Indonesia (PPNI).

“ RUU ini apabila disahkan akan melemahkan peran Organisasi Profesi termasuk PPNI, Sehingga harus ada sikap yang tegas dari OP. RUU ini akan menghapus 10 UU kesehatan termasuk UU Keperawatan,”Tegas Harif dengan suara lantang.

Ketua DPW PPNI Provinsi Sulawesi Utara Suwandi Lumeto yang hadir diwakili  oleh Wakil Ketua bidang organisasi dan kaderisasi Ferdinand Gansalangi, SKM, ME, MKes menegaskan bahwa PPNI Sulawesi Utara akan menyampaikan sikap secara resmi dalam Rapimnas tersebut. ”Dari SULUT, Kami akan menentukan sikap,”pungkasnya.

Selain daripada itu topik lain yang mengemuka yang tak kalah pentingnya yakni pembinaan dan pengawasan Nakes Perawat, Jabatan fungsional Perawat, OVON( One Village One Nurse), Revitalisasi Diklat dan akreditasi serta perencanaan Nakes termasuk Perawat.

Rakor ini dihadiri oleh unsur DPP PPNI yakni Ketua umum Harif Fadilah, Skreretasi Jendral Mustikasari, Bendahara umum Apri Suandi, Koordinator Wilayah Sulawesi Fajrillah Kolomboy yang bertindak sebagai moderator dan Ketua-Ketua DPW PPNI se Sulawesi.



------------------------------------

Written By : Verra Karrame

Published By : LIT-FOKOM DPW PPNISULUT