Header Ads

test

Tingkatkan Kompetensi, Ukom Retaker Profesi Ners Siap Digelar Susul Retaker Vokasi. Suwandi : “Saya harap semua bisa lulus 100%”

PPNISULUT.OGRG | Uji Kompetensi retaker profesi Ners siap digelar selama 2 hari berturut-turut dalam 4 sesi yakni tanggal 12 s/d 13 November 2022, menyusul Uji Kompetensi retaker vokasi yang sukses terlaksana pada tanggal 22-23 Oktober 2022 silam.

Uji Kompetensi (Ukom) Profesi Ners sebagaimana yang dituturkan  Ketua Panitia Ukom Retaker DPW PPNI Sulawesi Utara Sylvia Dewi Mayasari  Riu akan diikuti oleh lulusan Profesi Ners yang lulus tahun 2013-2019.  Sari sapaan akrabnya mengatakan bahwa sebanyak 518 Perawat dengan gelar Ners (Ns) akan bertarung dalam ajang Uji Kompetensi ini. Perawat-perawat ini ada yang sudah bekerja bahkan ada yang masih mencari pekerjaan. Dia berharap semua yang sudah mendaftar dapat terus menjaga kesehatan sehingga pada hari H-nya nanti dapat mengikuti ujian dengan sehat dan lancar. Ukom retaker sebagaimana dijelaskan Sari tersebar diberbagai lokasi CBT diantaranya CBT Poltekes Kemenkes Manado, CBT UNSRAT, CBT Unika Delasale serta CBT yang ada di kota Manado dan sekitarnya.

“Sebelum pelaksanaan Ukom seperti biasanya akan di laksanakan briefing peserta & pengawas  sebagai bentuk persiapan baik fisik maupun psikologis, didalamnya juga akan dibahas tata tertibnya”, ujarnya. Sesuai dengan jadwal yang diatur oleh Panitia Pusat, briefing jatuh pada hari Jumat, 11 November 2022. Peserta Ukom wajib mengikuti briefing tersebut.

Disinggung mengenai Ukom retaker vokasi yang baru digelar tanggal 22 sampai 23 Oktober yang lalu, Sekertaris DPW PPNI SULUT Oldie Rembet mengatakan bahwa Ukom retaker khusus vokasi sudah terlaksana dengan aman dan lancar. Uji kompetensi yang merupakan salah satu upaya transformasi digital belakangan sudah akrab dengan lulusan pendidikan vokasi maupun profesi. Proses yang memunculkan kemudahan ini harus dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh peserta. Dia berharap hasilnya nanti akan semakin akuntabel, terukur dan berkualitas. Dengan selesainya Ukom retaker vokasi Pria bertubuh gempal ini  sangat berterima kasih kepada semua pihak yang sudah  bekerja keras dengan penuh tanggung jawab baik dari organisasi profesi PPNI sebagai penyelenggara, Institusi Pendidikan maupun Panitia Pelaksana.

Dihubungi terpisah, Ketua Panitia Penyelenggara Sylvia Sari juga  mengatakan bahwa Ukom retaker vokasi kali ini adalah yang ketiga kalinya diikuti lulusan Diploma III Keperawatan Lulusan dibawah tahun 2020 baik yang sudah pernah mengikuti atau yang baru pertama kali mengikuti (Firstaker).

Acara yang dibuka secara resmi oleh Ketua DPW PPNI Provinsi Sulut Suwandi I Luneto diikuti oleh 170 peserta yang tersebar di beberapa lokasi Computer Based Test (CBT) yakni CBT Poltekes Kemenkes RI Manado, Stikes Gunung Maria Tomohon, SMK N 1 Kotamobagu dan Politeknik Nusa Utara. Hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Ketua Bidang Diklat DPW PPNI SULUT Semuel Tambuwun, Sekretaris DPW PPNI Oldie Rembet beserta Komponen Uji Kompetensi yakni Pengawas Pusat, Pengawas Lokal, Koordinator CBT, Bidang IT dan Admin.

Ketika ditanya tentang harapan untuk pelaksanaan Ukom Profesi Ners nanti Suwandi mengatakan , “Harapan saya semua bisa lulus sehingga mereka bisa segera mendapatkan Sertifikat Kompetensi sebagai salah satu syarat untuk memperoleh Surat Tanda Registrasi (STR) Ners.”

“Semoga semua peserta lulus 100% kompeten” kuncinya. Bagi calon peserta Ukom Retaker yang membutuhkan informasi penting terkait persiapan Ukom, Silahkan mengunjungi website DPW PPNI Provinsi Sulawesi Utara www.ppnisulut.org












------------------------------------

Written By : Verra Karrame

Published By : LIT-FOKOM DPW PPNISULUT