Header Ads

test

BANJIR BANDANG DAN LONGSOR KEPUNG MANADO, 34 KELURAHAN TERDAMPAK, DPW PPNI DAN BAPENA KERAHKAN TIM REAKSI CEPAT

Hujan deras yang mengguyur Kota Tinutuan (Manado, Sulawesi Utara) sejak dini hari Jumat, 27 Januari 2023 berakibat banjir bandang dan longsor hampir di seluruh wilayah Kota Manado. Sedikitnya 34 Kelurahan terdampak yang terdiri dari 25 Kelurahan mengalami banjir bandang dan 9 Kelurahan diterjang longsor dan pohon tumbang.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Manado melalui Kabid Penanganan Darurat melaporkan sementara terdapat 9 titik longsor dan banjir bandang yang tersebar di 25 Kelurahan. Tingginya debit air ditambah dengan intensitas curah hujan yang terus meningkat memperparah keadaan.

Dilaporkan Pusat Data Informasi BPBD saat ini sudah banyak warga yang dievakuasi dan mengungsi ke tempat yang aman.

Peristiwa ini telah menelan korban sebanyak 2 orang yakni Forzenli Arbaan (8 tahun) dan Ny. Magdalena Soda (60 tahun).

Saat ini proses pencarian terhadap 2 orang terus dilakukan oleh petugas di lapangan.

Dewan Pengurus Wilayah (DPW) PPNI Provinsi Sulawesi Utara melalui Badan Penanggulangan Bencana di bawah koordinasi BPBD Kota Manado segera mengambil langkah cepat. Tak ayal Tim Reaksi Cepat dikerahkan untuk melakukan langkah-langkah penanggulangan bencana.

Dihubungi melalui media sosial Whatsapp Ketua DPW PPNI Provinsi Sulawesi Utara Suwandi Luneto mengatakan, “PPNI Sulut total membantu Pemerintah melakukan tindakan evakuasi dan penyelamatan korban”.

Hal senada disampaikan Sekretaris DPW PPNI Provinsi Sulawesi Utara Oldie Rembet, “PPNI berespon cepat dengan bencana banjir bandang dan longsor di Manado. Tim Reaksi Cepat disiagakan sejak pagi untuk diterjunkan ke lokasi. Upaya koordinasi dengan teman-teman TRC di Kabupaten/Kota juga sementara berlangsung untuk mengumpulkan bantuan”, tegasnya.

Ketika ditanya apa himbauan untuk masyarakat Oldie mengatakan, “Masyarakat harus mengevakuasi diri dari daerah rawan banjir dan longsor dan segera menghubungi layanan darurat untuk bantuan”.

Di tempat terpisah, Ketua BAPENA PPNI Sulut Christian Towe menyatakan BAPENA Sulut telah menyiapkan posko bantuan dan dapur umum yang bertempat di markas BAPENA PPNI Provinsi Sulawesi Utara kompleks RSUP Prof. Dr. R.D Kandou Manado. “Semoga bermanfaat bagi masyarakat yang menjadi korban bencana dan kita semua selalu dalam lindungan Yang Maha Kuasa” ujarnya menutup pembicaraan.




------------------------------------

Written By : Verra Karrame

Published By : LIT-FOKOM DPW PPNISULUT